Senin, 27 Mei 2013

Apa Itu HTTP?

Sering kali saat kita browser, pada kotak hyperlink muncul http://www. tapi tahukah Anda Apa Itu HTTP? HTTP merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol yang berarti bahwa ini adalah sistem transmisi untuk menerima informasi di seluruh server dan klien. Server adalah tempat ditempatkannya alamat web yang sedang Anda lihat dan klien adalah aplikasi untuk melihat web tersebut atau tidak lain adalah aplikasi browser Anda.

HTTP merupakan tempat bertukar data antara server dan klien sehingga terjalin sebuah hubungan, sehingga dimanapun klien berada bisa merubah atau menambah juga mengurangi informasi atau data yang berada di server sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

HTTPS atau juga Hyper Text Transfer Protocol Secure  merupakan kombinasi dari sistem HTTP dengan SSL/TLS Protokol. Atau dengan kata lain bila Anda berkomunikasi dengan HTTPS maka informasi atau data yang dikelola berbentuk terenskripsi sehingga lebih aman dari pada melalui sistem HTTP. Biasanya HTTPS digunakan untuk web yang berhubungan dengan masalah keuangan dan keamanan negara.

Ketika klien membuat permintaan, server merespon dengan memberikan penawaran daftar metode enskripsi. Ketika klien terhubung ke sebuah website dengan melalui sistem HTTPS, website mengenskripsi sesi dengan sertifikat digital. SSL atau Secure Socket Layer menggunakan sistem kriptografi yang mengenskripsi data dengan dua tombol, yang klein dan server bisa berkomunikasi melalui kode unik yang di gunakan untuk enskripsi.

Adapun WWW adalah singkatan dari world wide web yang merupakan bagian dari internet yang bisa diakses oleh software web browser. Dan dalam perkembangannya sekarang hanya di sebut dengan web site. Setiap web site mempunyai banyak halaman (web page) yang tersebar di seluruh dunia yang bisa diakses oleh web browser.

Demikian posting dari Siap Komputerisasi bukan bermaksud untuk menggurui, tapi hanya sekedar untuk berbagi info, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar Anda di kotak di bawah ini. Terima kasih