Rabu, 01 Mei 2013

Apa Itu Internet?

Blog Siap Komputerisasi akan share tentang Apa Itu Internet?, karena hal inilah yang mulai menggebrak era komputerisasi secara mengglobal dan bersamaan.

Internet merupakan kependekan dari kata interconection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protokol suite (TCP/IP) sebagai protkol pertukaran paket (packet switching communication protokol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Cara menghubungkan dengan rangkain seperti ini biasa disebut dengan internetworking (antar jaringan)


Pada awalnya internet dibangun oleh Departeman Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Reserch Project Agency Networking). Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX, kita mampu melakukan komunikasi dengan jarak tak terhingga melalui saluran telepon.

Internet dijaga oleh perjanjian billateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentangperpindahan data antara rangkaian). Protkol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engginering Task Force (IETF)yang erbuka untuk umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai Request for Comments (RFC). Sebagain dari RFC dijadikan Standar Internet oleh Badan arsitektur internet (Internet Architectur Board). Protokol-protokol yang sering digunakan adalah IP, TCP, UDP, DNS, PPP,SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Sama seperti halnya sebuah komunitas, internet juga mempunyai tata tertib yang dikenal dengan Nettiquette atau dalam bahas Indonesia dikenal sebagai netiket.

Demikian info yang bisa Siap Komputerisasi sajikan hanya untuk berbagi info. Terima kasih atas kunjungan Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar Anda di kotak di bawah ini. Terima kasih